Diyahsblog's Blog
Just another WordPress.com weblog

Pengertian Dasar Linguistik

Maret 2010
Siti Rodliyah

Bahasa
Bahasa adalah alat yang digunakan manusia untuk saling berinteraksi sehingga akan menimbulkan respon dari tuturan yang disampikan. Dalam teori struktural bahasa dapat didefinisikan sebagai suatu sistem tanda yang konvensional (Soeparno, 2001:1)
Pengertian lain juga dikemukakn oleh Kridalaksana (1983) yang menyatakan bahwa ‘bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbiter yang digunakan oleh para anggota kelompok sosial untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan mengidentifikasi diri’.
Pada dasarnya bahasa berupa ujaran sebagai alat komuniksi sosial juga untuk menyatakan emosi diri (gembira, kesal, seding, dan sebagianya).

Bahasa dalam Linguisik
Linguistik adalah ilmu yang mengambil bahasa sebagai obyek kajiannya. Kata “linguistik” berasal dari kata latin lingua ’bahasa’, bahasa Inggris memungut dari bahasa Prancis (langue dan langage) menjadi language. Istilah linguistics dalam bahasa Inggris berkaitan dengan kata language (Verhaar, 2001:3).
Dalam bahasa Prancis terdapat tiga kata yang mengandung pengertian bahasa, sehingga dimanfaatkan oleh Soussure untuk mengungkapkan aspek bahasa. Kata itu yakni lague, parole, dan language. Parole adalah keseluruhan apa yang diujarkan orang. Langue adalah keseluruhan kebiasaan yang diperoleh secara pasif yang diajarkan pada masyarakat bahasa. Langage mencakup segala hal yang diungkapkan serta kendala yang mencegahnya mengungkapkan hal-hal yang tidak gramatikal (Soussure, 1988:6-7).

Linguistik
Linguistik adalah ilmu tentang bahasa atau menjadikan bahasa sebagai obyek kajinnya. Ilmu linguistik sering disebut juga sebagai Linguistik Umum (general linguistics) karena ilmu linguistik tidak hanya mengkaji sebuah bahasa saja, melainkan mengkaji seluk beluk bahasa pada umumnya (Chaer, 2003:1-3).

Kajian Linguistik
Bidang yang mendasari pengertian linguistik adalah bidang yang menyangkut struktur-struktur dasar tertentu, yaitu: stuktur bunyi bahasa (fonetik dan fonologi), struktur kata (morfologi), struktur antar kata dalam kalimat (sintaksis), masalah arti atau makna (semantik), pemakaian bahasa (pragmatik) (Verhar, 2001:9).

Daftar Pustaka

Belum Ada Tanggapan to “Pengertian Dasar Linguistik”

Tinggalkan komentar